Artikel 3 : "Bahan Nabati dan Hewani


Bahan Nabati dan Hewani
Bahan pangan (makanan) dibagi menjadi dua yaitu bahan pangan Nabati dan Hewani. Bahan nabati adalah bahan makanan yang berasal dari dasar tanaman. Jadi, bahan-bahan yang didapatkan dari bagian yang ada pada tanaman, misalnya buah, batang, daun atau akarnya termasuk dalam bahan nabati.
Sedangkan bahan pangan hewani adalah bahan makanan yang berasal dari hewan. Tidak hanya dari dagingnya saja, namun produk lainnya yang didapatkan dari hewan yaitu seperti telur, susu dan yang lainnya termasuk dalam bahan pangan hewani.

Pengolahan Makanan Nabati dan Hewani
Pengolahan makanan merupakan metode untuk mengubah bahan mentah menjadi makanan yang layak untuk dikonsumsi oleh manusia. Banyak langkah dan cara yang bisa dilakukan dalam mengolah makanan sesuai dari jenis bahan atau makanan yang ingin dibuat. Macam-macam pengolahan makanan adalah sebagai berikut :
1.      Memotong dan mengupas
2.      Pemerasan, contohnya adalah membuat jus buah
3.      Pemasakan, meliputi menggoreng, merebus dan memanggang.
4.      Percampuran
5.      Peragian, contohnya pembuatan tempe
6.      Pengeringan
7.      Pasteurisasi (pemanasan makanan)
8.      Pengepakkan

Contoh bahan Nabati dan Hewani
Ada banyak sekali contoh bahan nabati dan hewani yang bisa dijadikan olahan makanan atau produk lainnya. Berikut ini adalah contoh beberapa bahan pangan Nabati dan Hewani :
-          Bahan Pangan Nabati
1.      Kentang
2.      Tomat
3.      Wortel
4.      Brokoli
5.      selada
Bahan pangan nabati didapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Sayuran dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu berdasarkan iklim tempat tumbuhnya. Sayuran yang hidup di iklim tropis adalah petai, cabai, jengkol, kangkung, buncis daun salam, sereh, ubi jalar, jahe, kunyit, dan daun singkong. Sedangkan sayuran yang tumbuh di iklim sub tropis adalah wortel, kentang, brokoli, seledri, jamur dan selada. 
Seperti sayuran, buah-buahan juga dibagi menjadi dua kelompok yaitu buah-buahan tropis dan sub tropis. Buah-buahan tropis contohnya adalah jambu air, jambu biji merah, sawo, kesemek, duku, belimbing, sirsak, manggis, salak dan rambutan. Sedangkan buah-buahan sub tropis contohnya adalah cherry, strawberry, plum dan kiwi.
Bahan Pangan Hewani
1.      Susu
Produk yang dihasilkan oleh hewan ternak mamalia seperti sapi, kambing dan lainnya yang berupa cairan.
2.      Ikan
Hewan hidup di air ini dapat diolah menjadi berbagai macam makanan.
3.      Daging
Daging yang biasanya dijadikan bahan pangan adalah sapi, kambing, ayam yang diambil dengan cara pemotongan ternak. Bisa diolah menjadi berbagai macam masakan.
4.      Telur
Merupakan produk utama yang dihasilkan oleh ayam petelur.
Produk olahan dari bahan-bahan di atas, contohnya seperti susu dapat diolah lagi menjadi keju, krim, susu bubuk. Sedangkan daging dapat diolah menjadi dendeng, sosis dan lain-lain.

Sumber : https://afikrubik.com/bahan-nabati-dan-hewani/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Makanan 3 : "Chicken Steak Rocket Chicken"

Artikel 6 : "Manfaat Olahan Pangan Setengah Jadi"

Artikel 4 : "Chicken Steak and Pasta"