Artikel 7 : "Daun Parsley Bukan Sekedar Penghias"



DAUN PARSLEY BUKAN SEKEDAR PENGHIAS
       Tahukah anda manfaat daun parsley? Nama ilmiah tanaman ini adalah Petroselinum crispum. Tanaman yang berbau harum ini dapat memiliki tinggi sampai satu meter. Penyebaran tamanan ini juga sangatlah luas, diantaranya adalah dataran Eropa, Asia dan Afrika. Daun parsley memiliki kandungan yang sangat bermanfaat. Parsley atau disebut juga Peterseli, daun tanaman dari keluarga wortel dan seledri selama ini dikenal sebagai penghias hidangan alias garnish. Daun beraroma segar ini ternyata juga punya khasiat mengurangi bau mulut tak sedap setelah makan hidangan yang tebuat dari daging. Bangsa Yunani bahkan menggunakannya untuk menghilangkan bau tak sedap dari jenazah para pejuang mereka yang gugur dalam kancah perang. 




Berikut ini adalah beberapa manfaat Daun Parsley di antaranya:

·        1.  Sumber vitamin C, iodine (I), dan zat besi (Fe).
·               Mengandung fitoestrogen dengan potensi yang sama seperti yang terkandung di                      dalam  kedelai, sehingga dapat membantu mencegah penyakit kanker.
·               Di Turki, banyak digunakan sebagai obat herbal untuk membantu mencegah dan                      mengatasi diabetes.

·       2.   Banyak digunakan untuk menghalau bau napas tak sedap dan penyegar          napas.

·      3. Dalam bentuk teh herbal, memiliki khasiat sebagai diuretik (membantu produksi urin).

·      4.  Kaya akan nutrisi
        Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam parsley. Di antaranya Vitamin A, Vitamin          B12, Vitamin C, dan Vitamin K. Kandungan vitamin tersebut sangat penting bagi tubuh          untuk meningkatkan daya tubuh Anda. Selain itu, kandungan nutrisi dalam parsley                membantu menguatkan tulang dan memperbaiki sistem saraf
.

·        5. Jantung sehat
        Selain kaya akan kandungan nutrisi, mengonsumsi parsley dapat menurunkan tekanan          darah Anda. Parsley mengandung asam folat yang bermanfaat untuk melindungi                      pembuluh darah Anda serta mengatasi masalah yang berhubungan dengan                                cardiovascular. Secara tidak langsung, parsley juga menjaga kesehatan jantung Anda.

·      6.  Anti-carcinogenic
       Kandungan asam folat dalam parsley juga memiliki khasiat untuk mencegah kanker.               Terlebih lagi, hasil penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi parsley dapat               mengurangi risiko kanker serviks dan kanker kolon. Saat ini, sudah tersedia parsley                dalam bentuk essential oil yang bisa Anda temukan dengan mudah.

·        7. Pencernaan sehat
        Kurang asupan sayur dan buah dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Oleh                    karena itu, Anda bisa menambahkan parsley yang membantu melancarkan sistem                    pencernaan dan mencegah beberapa gastrointestinal problems. Caranya cukup mudah,          yaitu bisa mengonsumsinya secara langsung atau dalam bentuk teh parsley.

·       8. Ginjal sehat
       Mengonsumsi parsley juga memberikan manfaat untuk kesehatan ginjal Anda. Parsley           membantu meningkatkan kinerja ginjal Anda. Selain itu, parsley juga membantu                     mencegah masalah infeksi sistem urinari. Namun, bagi Anda yang menderita batu                  ginjal, sebaiknya menghindari parsley.



https://doktersehat.com/manfaat-daun-parsley-yang-harus-anda-ketahui/amp/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Makanan 3 : "Chicken Steak Rocket Chicken"

Artikel 6 : "Manfaat Olahan Pangan Setengah Jadi"

Artikel 4 : "Chicken Steak and Pasta"